Follow by Email

Senin, 29 Oktober 2012

DAERAH JAWA BARAT


  • 1. MAKANAN TRADISIONAL KHAS JAWA BARAT 
  • 2. SEGA LENGKO (NASI LENGKO) Nasi lengko ini bisa di jumpai dan merupakan makanan khas masyarakat pantai utara seperti Cirebon. Walaupun terlihat sederhana makanan khas ini sarat dengan protein dan serat juga makanan rendah kalori, karena bahan-bahan untuk membuat nasi lengko adalah 100% non- hewani. Bahan-bahannya untuk membaut nasi lengko ini antara lain: nasi putih ( lebih nikmat kalau masih panas atau hangat), tahu goreng, tempe goreng, mentimun untuk lalap, tauge yang sudah direbus, daun kucai (dipotong kecil- kecil), taburan bawang goreng, serta bumbu kacang (seperti bumbu rujak) dan kecap manis. Pada umumnya kecap manis yang sering dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kecap manis kental yang isiramkan ke atas semua bahan.
  • 3. KAREDOKMakanan karedok atau keredok adalah jugamerupakan makanan khas daerah di Indonesia asalJawa Barat. Makanan karedok ini dibuat denganmenggunakan bahan-bahan diantaranya adalahketimun, ada tauge, kol, kacang panjang, daunkemangi, serta terong. Sedangkan untuk bahansausnya dibuat dari bahan cabai merah, bawangputih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa,garam, dan terasi.LADU Makanan atau jajanan Ladu ini merupakan suatu penganan yang terbuat dari ketan. Makanan tradisional ini yang berasal dari daerah Malangbong, Garut, Jawa Barat. Untuk pembuatan Ladu, bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan putih sangrai, kemudian gula putih, gula aren merah, serta kelapa yang telah diparut.
  • 4. SOTO BANDUNGSoto Bandung adalah salah satu makanan khas kotaBandung. Soto Bandung ini terdiri dari daging sapi,lobak, nasi putih, taburan kacang kedelai ditambahgarnis tomat, seledri, dan bawang goreng. SotoBandung juga bisa dihidangkanbersama perkedel, tempe, kerupuk dan jeruk nipis.COMBRO Combro atau kadang disebut comro atau gemet merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda) Namun nama tradisionalnya combro bukan comro), artinya: oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.
  • 5. SERABISerabi kadang disebut srabi atau surabi merupakansalah satu makanan ringan atau jajanan pasar yangberasal dari Indonesia. Serabi serupa denganpancake,namun terbuat dari tepung beras (bukan tepungterigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanyadari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah diIndonesia. Daerah yang terkenal dengan kueserabinyaadalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikantersendiri. Ada juga surabi Arab yang terkenal karenakeunikannya yang terdapat di kota bogor.BATAGOR Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat adalah makanan yang dibuat dari tahu berbalut tepung lalu digoreng.
  • 6. PEUYEUM (TAPAI SINGKONG)Tapai singkong atau dalam bahasa SundaPeuyeum adalah tapai yang dibuatdari singkong yang difermentasi. Makanan inipopuler di Jawa dan dikenal di seluruhtempat, mulai dari Jawa Barat hingga JawaTimur.Pembuatan tapai melibatkan umbi singkongsebagai substrat dan ragitapai (Saccharomyces cerevisiae) yangdibalurkan pada umbi yang telah dikupaskulitnya. Ada dua teknik pembuatan yangmenghasilkan tapai biasa, yang basah danlunak, dan tapai kering, yang lebih legit dandapat digantung tanpa mengalami kerusakan.Tapai kering populer di daerah Priangan utara(Purwakarta dan Subang), dan dikenalsebagai buah tangan khas dari daerah ini(dikenal sebagai peuyeum gantung, karenadiperdagangkan dengan digantung.).
  • 7. CIRENG Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk tepung kanji goreng) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya.
  • 8. COLENAKColenak adalah singkatan dicocol enak (bahasasunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum(tapai singkong) yang dibakar kemudian disajikandengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gulamerah. Makanan khas Bandung yang masih bertahanmeski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karenakandungan gula di dalam tape maka tape tersebutmudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenakbagi beberapa orang.BALA-BALA (BAKWAN) Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan bisanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Bahannya terdiri dari tauge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur).
  • 9. TAHU GEJROTTahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia.Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digorengkemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengankuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula.Biasanya disajikan di layah kecil.LOTEK Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, danbawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.
  • 10. TAHU SUMEDANG Sejarahnya bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh istri Ongkino, yang memang semenjak awal sebagai orang yang pertama kali memiliki ide untuk memproduksiTou Fu (dari bahasa Tionghoa, Hokkian "tau hu", yang berarti sama) yang lambat laun menjadi berubah nama menjadi "Tahu". Tahun demi tahun, Ongkino beserta istri tercinta terus menggeluti usaha mereka hingga sekitar tahun 1917 anak tunggal mereka Ong Bung Keng menyusul kedua orang tuanya ke tanah Sumedang. Bung Keng kemudian melanjutkan usaha kedua orang tuanya yang sampai keduanya memilih kembali ke tanah kelahiran mereka di Hokkian, Republik Rakyat Cina.
  • 11. Melalui alih generasi Ong Bung Keng, anak tunggal Ongkino, terus melanjutkan usahayang diwariskan dari kedua orang tuanya hingga akhir hayatnya di usia 92 tahun. Dibalik kemasyhuran tahu Sumedang ada pula kisah yang berbau mistik, seperti apayang diceritakan cucu dari Ongkino, Suryadi. Sekitar tahun 1928, konon suatu haritempat usaha sang kakek buyutnya, Ong Bung Keng, didatangi oleh Bupati Sumedang,Pangeran Soeria Atmadja yang kebetulan tengah melintas dengan menggunakan dokardalam perjalanan menuju Situraja. Kebetulan, sang Pangeran melihat seorang kakeksedang menggoreng sesuatu. Pangeran Soeria Atmadja langsung turun begitu melihatbentuk makanan yang amat unik serta baunya yang harum. Sang bupati, PangeranSoeria Atmadja kemudian bertanya kepada sang kakek, "Maneh keur ngagorengnaon? (Kamu sedang menggoreng apa?)". Sang kakek berusaha menjawab sebisanyadan menjelaskan bahwa makanan yang ia goreng berasal dari Tou Fu China. Karenapenasaran, sang bupati langsung mencoba satu. Setelah mencicipi sesaat, bupatisecara spontan berkata dengan wajah puas, "Enak benar masakan ini! Coba kalaukamu jual, pasti laris!".Tak lama setelah kejadian ini, Tahu Sumedang digemari oleh penduduk Sumedang dankemudian sampai ke seluruh Indonesia
  • 12. SEGA JAMBLANG (NASI JAMBLANG)Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam BahasaIndonesia) adalah makanan khas masyarakatkota Cirebon, Jawa Barat.Nama Jamblang berasal dari nama daerah disebelah barat kota Cirebon tempat asalpedagang makanan tersebut. Ciri khasmakanan ini adalah penggunaandaun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajianmakanannya pun bersifat prasmanan. Menuyang tersedia antara lain sambal goreng (yangagak manis), tahu sayur,paru-paru(pusu), semur hati atau daging, perkedel, satekentang, telur dadar/telur goreng, telur masaksambal goreng, semur ikan, ikanasin, tahu dan tempe. Sega Jamblang adalahmakanan khas Cirebon yang pada awalnyadiperuntukan bagi para pekerja paksa padazaman Belanda yang sedang membangun jalanraya Daendels dari Anyer ke Panarukan yangmelewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnyadi Desa Kasugengan.
  • 13. Sega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengandaun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dantetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasitetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama. KeberadaanSega Jamblang sebagai makanan khas Cirebon, tentunya tidak bisa dilepaskan darisosok salah satu pedagangnya yang cukup tersohor, yaitu MANG DUL. Nasi JamblangMang Dul cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon, bukan hanya bagi masyarakatkebanyakan, tetapi juga menyentuh kalangan pejabat. Hampir semua Kepala Daerah,baik itu walikota atu bupati Cirebon, pernah singgah di warung Sega Jamblang MangDul. Bahkan beberapa selebritis ibukota, jika singgah di Kota Cirebon, selalumenyempatkan mampir ke warung nasi ini. Sentra makanan Sega jamblang di KotaCirebon saat ini terletak di wilayah Gunung Sari, sekitar Grage Mall. Warung ini tidakpernah tutup alias buka 24 jam. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namunharga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebutdiperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar di Pelabuhan dan kuli angkut dijalan Pekalipan.
  • 14. PISANG MOLENPisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahanbaku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dankemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasidalam pengolahan dari pisang goreng.NASI TIMBEL Nasi timbel adalah yang nasi putih biasa yang panas lalu dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang wangi.
  • 15. SAYUR ASEMSayur asam atau sayur asem adalah masakansejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasilokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasidari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung(variasi yang menggunakan kangkung), dan sayurasam ikan asin.Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacangtanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labusiam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering jugadigunakan jagung dalam masakan ini.Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlahmenyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan laukkering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Seringjuga masakan ini disajikan dengan sambal.Masakan ini masih menyerupai tom yam, yangmerupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebihmenggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.
  • 16. TAUCO Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian didibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Tauco yang beredar di daerah Riau berbeda dengan tauco dengan di daerah Jawa dan Kalimantan. Tiap daerah memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Dari pengalaman, tauco dapat disimpan lama sampai bertahun tahun,dan tidak akan rusak atau basi selaama penyimpanannya tidak terkena air mentah ataupun terkontaminasi dengan bahan organik lainnya. Sayang, tidak ada penelitian yang lebih terperinci mengenai tauco. Oleh para para buruh kasar (khususnya masyarakat Tionghoa) dibeberapa daerah ,tauco digunakan sebagai lauk setiap makan terutama saat makan bubur bening.Penggunaannya yang umum adalah sebagai bumbu atau penyedap dalam membuat lauk pauk, misalnya ayam bumbu tauco,nasi goreng tauco, ikan tumis tauco
  • 17. GECO (TAUGE TAUCO)Geco atau Tauge Tauco adalah makanan yang terbuatdari tauge dicampur dengan tauco, dan diberipotongan tahu gorengPEPES Pepes merupakan suatu cara mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering.
  • 18. KUPAT TAHUKupat tahu atau ketupat tahu adalah pengananyang terbuat dari campuran ketupat dan tahugoreng yang dipotong-potong kecil lalu diberibumbu kacang yang khas. Beberapa penjualmenambahkan juga tauge yang sudah direbustetapi menu kupat tahu di Singaparna,Tasikmalaya biasanya tidak. Selain itu, kupat tahuterdapat di wilayah Bandung, khususnyadi Padalarang yang diberi nama Kupat TahuPadalarang.Menu kupat tahu biasanya adalah kupat tahubiasa dan kupat tahu bumbu kacang. Kupat tahuini biasanya disantap dengan lontong.Di Purwakarta, kupat tahu juga menjadipenganan khas. Hal ini dapat dilihat daribanyaknya pedagang yang menjual kupat tahu diwilayah tersebut. Bumbu kacang kupat tahu diPurwakarta memiliki ciri khas, yakni denganmenambahkan sagu dan taburan kacang yangditumbuk kasar dalam bumbu kacang sehinggateksturnya menjadi sedikit kental dan renyah.
  • 19. EMPAL GENTONG Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai(Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. lontong menurut orang cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.
  • 20. DOROKDOKDorokdok sebuah nama dari penganan kering yang bisadicemil atau dijadikan lauk (terutama dengan hidangansayur-sayuran), bentuknya kecil-kecil menyerupai kerikilkarang laut, ada yang sebesar kuku telunjuk paling besarkuku jempol. Dorokdok, dinamakan demikian karena ketikadikunyah oleh gigi, menimbulkan suara Dorok dok dorokdok…. karena ada yang lunak (lunak gimana gitu), ada yangkeras (sekeras batu). Bahan mentah Dorokdok sendiri darisisitan daging yang menempel dari kulit sapi yang barudatang dari penjagalan sebelum digarami. Jadi bisadikatakan, Dorokdok berbahan baku mentah yang lumayanbergizi, karena ada daging sapi dan lemak sapi. Harusdilakukan penelitian secara berkelanjutan jika inginmengetahui lebih jauh kandungan gizi didalamnya. Tetapidorokdok belum bisa diolah secara kontinyu. Dan tidakbisa dikembangkan secara besar mengingat stok danpasokan yang kembang kempis dari pengepul kulit sapi.Karena dorokdok adalah industri rumah tangga yang bisadikatakan kecil. Untuk memperoleh Dorokdok itu sendiriotomatis menjadi sangat mahal. Secara perhitunganmatematika. Bisa jatuh ratusan ribu per kilogram. Karenapenyusutan yang luar biasa dari bahan baku mentahhingga barang jadi.
  • 21. SATE MARANGGI Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat biasanya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Namun ada juga yang berpendapat bahwa sate maranggi berasal dari Cianjur. Penjaja sate maranggi dapat ditemukan hampir di setiap sudut Purwakarta, sebagian menajajakan dengan cara berkeliling. Yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah bumbunya terbuat dari kecap yang memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas yang menyentuh lidah kala menikmati sate berbumbu khas ini. Paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari tebu). Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Biasanya sate maranggi dihidang dengan ketan bakar atau nasi timbel.
  • 22. RANGGINANG KETANRengginang Adalah Kerupuk Yang Terbuat Dari NasiAtau Ketan Yang Dikeringkan Lalu Digoreng PanasOPAK Opak adalah makanan khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras. Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras,garam, gula, dann bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api.
  • 23. SIMPING Simping adalah makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, biasanya berwarna putih, dan rasanya gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (rambut-rambutan). Saat ini simping tidak hanya di produksi di Purwakarta, tetapi juga di daerah lain seperti Karawang dan tidak kalah rasanya dengan simping hasil produksi Purwakarta.KUE ALIKue ali ini juga disebut kue cincin. Mengapa dinamakankue cincin mungkin karena dari bentuknya menyerupaicincin. Saat ini tidak begitu gampangnya kitamendapatkan kue ini. Mungkin karena prosesnya yangsedikit memakan waktu. 
  • 1 komentar:

    1. KEREN BRO

      pengen kaos dengan desain menarik
      masuk ke bawah ini

      http://cumidanikanmas.blogdetik.com/

      BalasHapus